PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN WORK ENGAGEMENT TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PIDIE

Pengarang Surdiana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh. Dimana variabel independen yaitu Kecerdasan Emosional (X1), Work Engagement (X2) dan Komitmen Organisasi (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja pada Dinas Perhubungan Kabupaten Pidie yang berjumlah 31 Pegawai.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi:
Y = 4,721 + 0,319 X1 + 0,474 X2
Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dari kedua variabel yang diteliti, ternyata variabel Work Engagement (X2) mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 47,4 % terhadap Komitmen Organisasi pada Dinas Dinas Perhubungan Kabupaten Pidie. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Kecerdasan Emosional (X1) dan Work Engagement (X2) terhadap Komitmen Organisasi Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Pidie dengan indeks korelasi sebesar 84,6% Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Kemudian indeks determinasi masing-masing variabel Kecerdasan Emosional (X1) dan Work Engagement (X2) sebesar 71,6 %, ini berarti berpengaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Pidie dan sebesar 28,4 % yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Penerbit Manajemen : Perpustakaan Univ Jabal Ghafur, 2021
Penulis/Penyusun Surdiana - Personal Name
Fakultas Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur
Program Studi Manajemen (S1)

Pencarian

Advance

Terkini


Kategori


Tahun Terbit

   

Program Studi

   
UPT. Perpustakaan Privacy Policy