PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARPHONE ANDROID REALME PADA RIZKY PONSEL DI KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA

Pengarang Aksarul Nizar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan citra merek (Brand Image) terhadap keputusan pembelian Smartphone Android Realme pada Toko Rizky Ponsel di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Sampel dalam penelitian ini 100 orang responden, data dikumpulkan dengan pengajuan kuesioner, analisis data menggunakan rumus regresi linier berganda.
Hasil penelitian diperolah persamaan regresi sebagai berikut: Y = 2.776 + 0.686X1 + 0.729X2. Koefisien korelasi (R) sebesar 75,8% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara faktor iklan (X1), dan faktor citra merek (brand image) (X2), dengan keputusan pembelian (Y). Semakin tingginya nilai yang diperoleh maka semakin erat pula hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, artinya semakin erat pula hubungan antara iklan dan citra merek (brand image) memiliki hubungan yang erat dengan keputusan pembelian sebesar 75,8%. Untuk nilai koefisien diterminasi adalah sebesar 62,5% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara variabel iklan dan citra merek (brand image) dengan keputusan pembelian. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa semakin baiknya dilaksanakan dan ditingkatkan iklan dan baiknya dilakukan citra merek (brand image) maka semakin berpengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Pengaruh iklan dan citra merek (brand image) sebesar 62,5% berpengaruh secara siginifikan (sig. 0,000) terhadap keputusan pembelian, sedangkan selebihnya 37,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dugaan persamaan ini.
Uji T diperoleh nilai T-hitung > T-tabel. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel iklan dan citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian, dengan demikian menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, karena diperoleh T-hitung lebih besar dari T-tabel. Uji F diperoleh F-hitung sebesar 40.608 dan F-tabel pada tingkat kepercayaan 05% diperoleh sebesar 2.31 (tabel F). Berdasarkan hasil uji F tersebut maka keputusan penelitian ini diperoleh F-hitung lebih besar dari F-tabel. Dengan demikian secara simultan, hasil penelitian ini dapat diambil keputusan dengan menerima hipotesis Ha dan Menolak hipotsis Ho. Artinya ada pengaruh iklan dan citra merek (brand image) berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Penerbit Universitas Jabal Ghafur : Perpustakaan Univ Jabal Ghafur, 2021
Penulis/Penyusun Aksarul Nizar - Personal Name
Fakultas Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur
Program Studi Manajemen (S1)

Pencarian

Advance

Terkini


Kategori


Tahun Terbit

   

Program Studi

   
UPT. Perpustakaan Privacy Policy